(BAB 2) KESESIMBANGAN BISNIS
KESEIMBANGAN PASAR
- Sebuah kondisi keseimbangan antara jumlah produk atau jasa yang diminta mauoun ditawarkan
1. Proses terbentuknya keseimbangan pasar
- Produsen menyediakan barang
- Terdapat pengendalian harga
2. Fungsi keseimbangan pasar
- Fungsi Perminataan --> hubungan antara jumlah barang yang diminta
- Fungsi Penawaran--> hubungan antara jumlah barang dan harga barang
3. Contoh keseimbangan pasar --> Penjualan minyak goreng, karena permintaan akan barang ini sangat
tinggi mengingat barang ini menjadi bahan pokok yang sangat penting
bagi kehidupan.
4. Klasifikasi penjual dan pembeli
- Pembeli Marjinal
- Penjual Marjinal
- Pembeli Submarjinal
- Penjual Submarjinal
- Penjual Supermarjinal
5. Klasifikasi daya konsumen
- Pembeli Potensial
- Pembeli Efektif
- Pembeli Absolut
KURVA KESEIMBANGAN PASAR
Daftar Pustaka:
https://masoemuniversity.ac.id/berita/konsep-keseimbangan-pasar.php#:~:text=Keseimbangan%20pasar%20atau%20market%20equilibrium,akan%20tetap%20stabil%20ataupun%20tidak.
https://www.ocbcnisp.com/id/article/2023/02/20/keseimbangan-pasar-adalah
https://youtu.be/ed73AFKZIio?si=uCz4VE-mjMFuwrd8
Komentar
Posting Komentar