(BAB 2) KESESIMBANGAN BISNIS

 KESEIMBANGAN PASAR

  • Sebuah kondisi keseimbangan antara jumlah produk atau jasa yang diminta mauoun ditawarkan


1. Proses terbentuknya keseimbangan pasar 
  • Produsen menyediakan barang
  • Terdapat pengendalian harga
2. Fungsi keseimbangan pasar
  • Fungsi Perminataan --> hubungan antara jumlah barang yang diminta
  • Fungsi Penawaran--> hubungan antara jumlah barang dan harga barang
3. Contoh keseimbangan pasar --> Penjualan minyak goreng, karena permintaan akan barang ini sangat
                                                        tinggi mengingat barang ini menjadi bahan pokok yang sangat penting
                                                        bagi kehidupan.

4. Klasifikasi penjual dan pembeli
  • Pembeli Marjinal
  • Penjual Marjinal
  • Pembeli Submarjinal
  • Penjual Submarjinal
  • Penjual Supermarjinal
5. Klasifikasi daya konsumen
  • Pembeli Potensial
  • Pembeli Efektif
  • Pembeli Absolut

KURVA KESEIMBANGAN PASAR




Daftar Pustaka:

https://masoemuniversity.ac.id/berita/konsep-keseimbangan-pasar.php#:~:text=Keseimbangan%20pasar%20atau%20market%20equilibrium,akan%20tetap%20stabil%20ataupun%20tidak.

https://www.ocbcnisp.com/id/article/2023/02/20/keseimbangan-pasar-adalah 

https://youtu.be/ed73AFKZIio?si=uCz4VE-mjMFuwrd8





Komentar

Postingan populer dari blog ini

(BAB 5) teori produksi jangka pendek (satu input variabel) + jangka panjang (dua input variabel)

(BAB 10) Struktur pasar yaitu pasar oligopoli dan pasar monopolistik

(BAB 7) Teori biaya produksi jangka panjang skala ekonomis dan tidak ekonomis