(BAB 9) Struktur pasar persaingan sempurna dan pasar monopoli
a.) Pasar Sempurna
pasar yang memiliki jumlah penjualan dan pembelian yang banyak dengan berbagai varian barang yang dijual, namun barang yang di jual memiliki jenis yang sama dan serupa. Contohnya seperti beras, minyak dan sebagainya. Dapat dikatakan Persaingan Pasar Sempurna jika dalam melaksanakan proses produksi barang dan jasa selalu efisien.
Ciri-Ciri Pasar Sempurna:
- Harus Memiliki Penjual dan Pembeli yang Jumlahnya Cukup Banyak
- Pedagang Bebas Membuka dan Menutup Usahanya
- Barang yang Dijual Bersifat Homogen
- Penjual dan Pembeli Mengetahui Informasi Harga yang jelas
- Pemerinyah tidak ikut campur dalam hal ini,baik langsung maupun tidak
b.) Pasar Monopoli
struktur
pasar di mana hanya terdapat satu penjual, tidak ada substitusi produk yang
mirip (close substitute), dan
terdapat hambatan masuk ( barriers to
entry) ke pasar. Dengan kata lain pasar monopoli ini struktur pasar yang bertentangan dengan pasar sempurna.
Ciri-Ciri Pasar Monopoli:
- Hanya ada satu penjual.
- Tidak ada substitusi produk yang mirip.
- Terdapat hambatan masuk ke pasar.
- Sebagai penentu harga ( price setter).
Faktor penyebab timbulnya monopoli:
- Memiliki bahan mentah strategis atau pengetahuan teknis produksi yang spesifik.
- Hak paten produk atau proses produksi.
- Terdapat skala ekonomis.
Permintaan Pasar Monopoli
Karena produsen monopoli adalah satu-satunya
produsen di dalam pasar, maka kurve permintaan yang dihadapi adalah juga kurve
permintaan pasar dan juga merupakan nilai penjualan rata-ratanya. Kurve
permintaan pasar biasanya menurun dari kiri atas ke kanan bawah, yang berarti
bahwa produsen dapat mempengaruhi harga pasar dengan jalan menjual barang
produksinya lebih sedikit atau lebih banyak.
terlihat pada gambar kurva permintaan monopoli bersifat
turun dari kiri atas ke kanan bawah karena pengusaha monopoli dapat menentukan
harga sesuai dengan jumlah produk yang dijual. Pada perusahaan monopoli berlaku rumu:
Q =
f ( P ) dan P = g ( Q )
sumber:
Sukirno,
Sadono. 2001. Pengantar Teori Mikroekonomi. Cetakan ke-15, PT Raja Grafindo
Persada, Jakarta.
Komentar
Posting Komentar