(BAB 10) Struktur pasar yaitu pasar oligopoli dan pasar monopolistik

 A.) PASAR OLIGOPOLI

Pasar oligopoli berdasarkan pengertiannya, pasar oligopoli merupakan bentuk pasar  yang dikuasai oleh beberapa perusahaan dalam usaha menawarkan satu jenis produk tertentu. Dengan adanya beberapa jumlah perusahaan yang jumlahnya cenderung sedikit,maka perusahaan tersebut memiliki pengaruh pada terbentuknya harga di pasar.

Terbentuknya pasar oligopoli disebabkan karena beberapa hal, berikut beberapa faktor pemicu lahirnya pasar oligopoli, antara lain :

  1. Adanya penerapan efisiensi skala besar
  2. Adanya kompetensi manajemen yang lebih kompleks

  • Karakteristik pasar persaingan oligopoli
  1. Hanya sedikit perusahaan di dalam industri. Biasanya, jumlah perusahaan diasumsikan kurang dari sepuluh. Kekuatan perusahaan- perusahaan dalam industri dapat diukur dengan menghitung rasio konsentrasi.

                2. Produknya homogen atau terdiferensiasi. Bentuk persaingan antart perusahaan adalah                                persaingan harga dan non harga.

                3.  Kompetisi non harga. Bentuk kompetisi pelayanan purna jual serta iklan.

Di dalam mekanisme pasar, sistem Oligopoli memiliki kelebihan dankekurangannya sendiri. Berikut beberapa kelebihan dari Pasar Oligopolitersebut :
  1. Persaingan yang ketat menjadikan setiap perusahaan sangatmengupayakan inovasi dan menjaga kualitas terbaiknya.
  2. Harga produk menjadi lebih sesuai dengan keinginan konsumenkarena persaingan antar produsen yang ketat membuat masing-masing produsen tidak mau mematok harga terlalu tinggi.
  3. Meskipun tidak banyak, tetapi setidaknya konsumen punya beberapa pilihan merek yang sesuai dengan keinginannya.
  4. Kegiatan produksi menjadi lebih efektif. 
Namun, selain beberapa kelebihan tersebut, Pasar Oligopoli juga punya beberapa kekurangan yang diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Produsen baru sulit untuk masuk ke pasar sehingga pertumbuhan ekonomi cenderung lambat karena persainganhanya terjadi di beberapa produsen saja.
  2. Kebijakan produsen terbesar (biasanya terlaris) sangatmempengaruhi pasar dibanding produsen lain di bawahnya.
  3. Sering terjadi perang harga antar produsen.
  4. Kemungkinan adanya konsumen yang loyal sangat besar terhadap satu merek, sehingga perusahaan lain sulit untuk  bersaing di pasar dengan konsumen yang sama.
  5. Memungkinkan banyak hak paten atas suatu produk tertentusehingga membatasi perusahaan lain untuk melakukan pengembangan produk yang sama.
  6. Cukup sulit untuk melakukan pemerataan pendapatan.
  7. Peluang munculnya eksploitasi yang berlebihan dalam kegiatan pasar menjadi lebih besar.
  8. Perusahaan yang sudah memiliki jam terbang lebih memiliki peluang menikmati skala ekonomis, sehingga bisa menurunkan biaya produksi dan menurunkan harga pasar. Hal ini tentumerugikan perusahaan di bawahnya atau pendatang.
B.) PASAR MONOPOLISTIK

Pasar monopolistik (kadang disebut juga pasar persainganmonopolistik atau pasar monopolistis) adalah salah satu bentuk pasar  dimana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapimemiliki perbedaan dalam beberapa aspek. Penjual pada pasar monopolistik tidak terbatas, namun setiap produk yang dihasilkan pasti memiliki karakter tersendiri yang membedakannya dengan produk lainnya. 

  • Karakteristik pasar persaingan monopolistik
  1. Terdapat banyak produsen atau penjual.
  2. Adanya Diferensiasi Produk 
  3. Produsen Dapat mempengaruhi harga.
  4. Produsen dapat keluar masuk pasar.
  5. Promosi penjualan harus aktif 


Kelebihan pasar monopolistik :

1.Banyaknya produsen di pasar memberikan keuntungan bagikonsumen untuk dapat memilih produk yang terbaik baginya.
2.Kebebasan keluar masuk bagi produsen, mendorong produsenuntuk selalu melakukan inovasi dalam menghasilkan produknya.
3.Diferensiasi produk mendorong konsumen untuk selektif dalam menentukan produk yang akan dibelinya, dan dapatmembuat konsumen loyal terhadap produk yang dipilihnya.
4.Pasar ini relatif mudah dijumpai oleh konsumen, karenasebagian besar kebutuhan sehari-hari tersedia dalam pasar monopolistik.


Kekurangan pasar monopolistik:

1.Pasar monopolistik memiliki tingkat persaingan yang tinggi, baik dari segi harga, kualitas maupun pelayanan. Sehingga produsen yang tidak memiliki modal dan pengalaman yangcukup akan cepat keluar dari pasar.
2.Dibutuhkan modal yang cukup besar untuk masuk ke dalam pasar monopolistik, karena pemain pasar di dalamnyamemiliki skala ekonomis yang cukup tinggi.
3.Pasar ini mendorong produsen untuk selalu berinovasi,sehingga akan meningkatkan biaya produksi yang akan berimbas pada harga produk yang harus dibayar olehkonsumen


SUMBER:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

(BAB 5) teori produksi jangka pendek (satu input variabel) + jangka panjang (dua input variabel)

(BAB 7) Teori biaya produksi jangka panjang skala ekonomis dan tidak ekonomis